Jumat , Juni 2 2017
Home / Review / Wisata Gunung Papandayan

Wisata Gunung Papandayan

gunung papandayan Indonesia

Pernah mendengar tentang gunung papandayan? Harusnya iya dong. Gunung Papandayan ini terkenal loh, setiap bulan orang-orang banyak mencari informasi tentang gunung ini. Mau tau apa saja yang ada pada gunung papandayan? Simak disini.

Menurut om Wikipedia, Gunung Papandayan adalah gunung api strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung ini, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 º C.

gunung papandayan Indonesia. Sumber: Wikipedia
gunung papandayan Indonesia

Oke, setelah membahas tentang informasi dasar mengenai gunung Papandayan, sekarang saatnya menunjukkan informasi wisata di gunung ini.

Dikulik dari NativeIndonesia, gunung Papandayan ini ternyata memiliki area kawah yang luas loh, kalau diukur mungkin kurang lebih 10ha. Tentu saja, anda tidak akan merasa kecewa karena pemandangan yang disajikan benar benar indah. Pakai banget. Area kawah yang gersang dan putih, dibingkai dengan kawasan hutan hijau yang indah dan tentu saja, udara yang begitu segar.

Ada juga tempat-tempat yang jarang ditemui di gunung umumnya, yaitu kolam bekas letusan yang berada persis di pinggir kawah. Ada juga kawasan hutan mati yang merupakan area hutan yang mati karena letusan terdahulu, dan juga area perkemahan seperti pondok saladah.

Di gunung ini juga terdapat taman edelweis loh. Dinamakan tegal alun yang merupakan salah satu padang edelweiss luas di Indonesia. Disini anda bisa melihat pemandangan yang cukup unik; bentangan edelweiss yang luas sekali.

Oke, sekarang bagaimana kondisi jalur pendakiannya? Tentu saja, ini bagian enaknya. Jalur pendakiannya tergolong mudah untuk pemula. Tidak terlalu banyak tanjakan yang ekstrem dengan medan yang sulit. Kamu bisa mengitari area kawah papandayan sampai dengan area padang edelweiss tegal alun dalam satu hari saja. Kalau kuat ya, hehee..

Berikut merupakan foto-foto gunung Papandayan yang diambil dari Native Indonesia.

gunung papandayan - bekas letusan. Sumber: NativeIndonesia
gunung papandayan – bekas letusan
gunung papandayan - bekas villa Belanda. Sumber: NativeIndonesia
gunung papandayan – bekas villa Belanda
gunung Papandayan - Tegal Alun Padang Edelweis. Sumber: NativeIndonesia
gunung Papandayan – Tegal Alun Padang Edelweis
pemandangan gunung papandayan. Sumber: NativeIndonesia
pemandangan gunung

Gunung Papandayan, Akhirnya…

Bagaimana? Tertarik mengunjungi gunung ini? Segera luangkan waktu anda untuk menikmati pemandangan gunung Papandayan ini. Dijamin, ga ada kata menyesal ketika mengunjunginya.

Sumber: Wikipedia, NativeIndonesia

loading...

About kosongduadua

Suka naik-naik ke puncak gunung. Tinggi tinggi sekali. Masih penjelajah pemula. Jangan dibully. Drop anything to kosongduadua@pmtgadventure.com

Check Also

SAM_2511

Hobi Mendaki Gunung Ternyata Banyak Manfaat Sehatnya

Beberapa orang pasti tidak habis pikir, mengapa para pencinta alam amat menyukai kegiatan mendaki gunung …

2 comments

  1. Ke indahan gunung papandayan sudah tidak bisa diragukan lagi. Tetapi sekarang apakah ke Asrian dari gunung tsb akan hilang oleh perkembangan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.00225