Sabtu , Agustus 19 2017
Home / Tips & Trik / tips packing
pmtg semeru
pmtg semeru

tips packing

PMTGAdventure.com | Tips & Trik – Mau berpergian? Mau pergi mendaki? Membawa barang yang banyak? Bagaimana caranya memasukkan barang-barang ke dalam tas keril? Pertanyaan-pertanyaan itulah yang mendasari tips packing kali ini. Oke kita mulai saja tips packing mulai dari angka 1.

 

Langkah 1 – Pastikan barang yang mau dibawa

Tips packing pertama ini sudah jelas kan? Ketika sudah memutuskan untuk pergi, sudah pasti bahwa pertama kali yang disiapkan adalah barang-barang yang akan dibawa. Mosok mau pergi kegunung, malah bawa bawa peralatan menyelam? 😀 Tinggalkan barang-barang yang kurang berguna karena akan menambah beban, bawa barang-barang yang diperlukan dan berguna selama dalam perjalanan. Letakkan semua barang barang menjadi satu sehingga mudah di tata kemudian. Biasakan mengelompokkan barang-barang sehingga mudah mencari ketika sudah di rapih dipacking.

tips packing - letakkan barang-barang menjadi satu sehingga mudah diorganisir - http://i.imgur.com/kp3yQ.jpg
tips packing – letakkan barang-barang menjadi satu sehingga mudah diorganisir – http://i.imgur.com/kp3yQ.jpg

 

Langkah 2 – Packing!

Untuk lebih mudahnya bisa dikelompokkan menjadi gambar-gambar di bawah ini.

 

tips packing - contoh packing sumber: http://www.thebugoutbagguide.com/wp-content/uploads/2014/09/BackPackDiagram.png
tips packing – contoh packing sumber: http://www.thebugoutbagguide.com/wp-content/uploads/2014/09/BackPackDiagram.png

Oke, digambar sudah jelas, bagaimana penempatan – penempatan barang ketika packing. Paling bawah, merupakan tempat bagi sleeping bag dan matras. Kemudian diatasnya ada tenda, disusul peralatan memasak dan makan. Setelah itu baju dan peralatan-peralatan penting dan paling sering diambil di letakkan di paling atas. Jangan lupa frame untuk tenda diletakkan di paling samping. Cukup mengerti? Disini tidak ada packing pengelompokan sesuai berat. Kalau masih belum cukup, gambar di bawah ini mungkin akan membantu teman-teman semua mengatur packing.

 

tips packing - sumber: http://www.bsatroop780.org/skills/images/backpackguide.jpg
tips packing – sumber: http://www.bsatroop780.org/skills/images/backpackguide.jpg

 

Disini, packing terdiri dari 4 lapisan, dibagi sesuai berat. Bagian pertama atau yang paling bawah, ditempati oleh sleeping bag. Bagian kedua, merupakan item dengan yang tidak terlalu berat, misalnya baju atau peralatan memasak. Bagian ketiga, diisi oleh item yang paling berat. Misalnya air minum berbotol-botol atau peralatan lainnya. Paling atas, atau bagian keempat merupakan tempat untuk tenda. Mudah dimengerti, mudah diterapkan.

 

tips packing - sumber: http://www.philmontscoutranch.org/filestore/philmont/images/shakedown/BackpackLayout.jpg
tips packing – sumber: http://www.philmontscoutranch.org/filestore/philmont/images/shakedown/BackpackLayout.jpg

 

Gambar tips packing yang terakhir, mudah diingat. Hal terpenting, pastikan barang-barang berat diletakkan sepanjang tulang belakang dan berada dekat pada punggung untuk menjaga pusat gravitasi ke depan. Biar tidak kejengkang. Pastikan pula melindungi barang-barang yang rawan terkena air supaya tetap bisa dipakai, misalnya baju ganti. Kalau sudah terkena air, jadi tidak bisa dipakai. Ataupun sleeping bag. Barang-barang yang sering diambil, misalnya kamera, letakkan di bagian paling luar, supaya mudah diambil serta tidak perlu membongkar packing untuk mengambil.

Masih belum mantep tips packing nya? Oke, saya tambahkan lagi beberapa video yang berhubungan dengan tips packing.

 

Oke, sudah dulu tips packingnya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa jaga lingkungan dan ingat jangan buang sampah sembarangan.

loading...

About kosongduadua

Suka naik-naik ke puncak gunung. Tinggi tinggi sekali. Masih penjelajah pemula. Jangan dibully. Drop anything to kosongduadua@pmtgadventure.com

Check Also

ilustrasi pendakian

Hipotermia, Kenali Gejala dan Cara Mengatasi

Mungkin, telah banyak kasus pendaki yang telah meninggal dunia karena hipotermia. Sebagai contoh adalah Shizuko …

4 comments

  1. Tips nya menarik banget, saya juga pemula ni, angkatan satu-satu. Wah ga jadi ngopi ni, agenda ulang aja ya, ga perlu event berhasil masuk arena tembak dordor-an. Ntar malah molor lagi keburu pipa popey gosong

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.00133