Minggu , Mei 8 2016
Home / Tips & Trik / Merencanakan Sebuah Perjalanan

Merencanakan Sebuah Perjalanan

Merencanakan Perjalanan (Sumber:http://religioustravelplanningguide.com/wp-content/uploads/2015/10/Travel-planning-photo-506x264.jpg)

Dewasa ini, Travelling atau jalan-jalan menjadi lifestyle yang #ngeTrend di kalangan pemuda Indonesia. Sebelum melakukan kegiatan Travelling, Adventure, Jalana-jalan, ada baiknya kita melakukan perencanaan dengan matang, agar perjalanan kita bisa berjalan dengan lancar. Dalam merencanakan sebuah perjalanan, pertanyaan-pertanyaan inilah yang pasti akan muncul dan harus kalian jawab dahulu.

  1. MENGAPA?

Mengapa kalian melakukan perjalanan ini? Jawabannya mengacu pada tujuan kalian melakukan perjalanan/ petualangan itu sendiri. Apakah untuk refreshing, hunting foto, olah raga, eksplorasi flora-fauna, atau sekedar datang dan foto dengan caption “I was Here”. Alasan ini menjadi penting karena berhubungan dengan peralatan serta tetek-mbengek yang harus dibawa.

  1. KEMANA?

Kemana tujuan perjalanan kali ini? Jelas, destinasi atau tempat mana yang akan kita tuju untuk perjalanan kita kali ini. Tempat tujuan juga harus ditentukan. Hal ini juga berhubungan dengan pertanyaan nomer 1, Tujuan melakukan perjalanan. Kalo ingin hunting foto Milky Way, tidak mungkin kan kita pergi ke dalam hutan belantara dengan kanopi yang rapat. Tentu kita harus pergi ke tempat terbuka seperti di atas gunung. Destinasi perjalanan juga akan mempengaruhi peralatan yang dibawa. Misalnya camping di pantai, tentu saja sedikit berbeda dengan camping di gunung.

  1. KAPAN?

Kapan akan melakukan perjalanan tersebut? Waktu untuk melakukan perjalanan juga haruslah dipikirkan dengan baik. Karena beberapa destinasi wisata memiliki waktu-waktu terbaik untuk berkunjung, dan tentu saja ada waktu-waktu yang tak disarankan untuk berkunjung. Misal ingin menikmati sunrise di Sikunir, tentu saja kita harus memili waktu di bulan kemarau, antara Juli-September yang kemungkinan besar cuacanya cerah, sehingga bisa menikmati sunrise yang indah. Jangan sampai segala sesuatu sudah disiapkan dengan baik, namun ke Sikunir di bulan desember-Januari yang hujan sehari-hari, tentu sunrise akan sulit kita saksikan. Selain waktu kunjungan, lama perjalanan juga harus kita rencanakan dengan matang, karena semakin lama kita menginap di lokasi, semakin banyak logistic yang harus kita bawa.

  1. SIAPA SAJA?

Siapa saja yang akan ikut dalam perjalanan? Jumlah peserta perjalanan memang tidak terlalu ‘crucial’ terhadap perjalanan yang akan dilakukan, namun tetap saja akan mempengaruhi sedikit aspek lainnya. Misal, antara 4 orang dengan 14 orang, tentu akan lebih mudah mengatur perjalanan 4 orang. Dari segi peralatan, sarana transportasi, dan lainnya. Perbandingan jenis kelamin juga perlu diperhitungkan, karena bisa ‘merepotkan’ jika lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki (Kecuali memang trip khusus perempuan 😀 ).

  1. APA SAJA?

Apa saja perlengkapan yang harus dibawa? Peralatan dan logistic yang harus dibawa haruslah disesuaikan dengan keempat aspek diatas. Alasan/ Tujuan, Destinasi/ tempat tujuan, waktu, serta jumlah peserta perjalanan tersebut. Karena berbeda tujuan, bisa berbeda juga peralatan yang harus disiapkan. Misal ingin susur pantai sehari, tentu tak perlu membawa tenda, apalagi Sleeping Bag (SB). Jika camping 3 hari 2 malam, tentu harus membawa peralatan memasak serta logistic yang cukup.

  1. BAGAIMANA?

Bagaimana untuk sampai ke lokasi tujuan? Hal ini menyangkut sarana transportasi serta (mungkin) perijinan yang harus diurus untuk berpetualang di lokasi. Misal ingin camping ceria di Pulau Biawak, tentu kita harus menggunakan kapan motor/ kapal nelayan untuk menyeberang dari Indramayu. Selain itu, kita harus mengurus perijinan ke Pelabuhan Syah Bandar di TPI Karang Song, Indramayu. Atau ingin naik gunung Gede-Pangrango, kita harus registrasi online serta booking beberapa hari/minggu sebelum hari H.

  1. BERAPA?

Berapa biaya yang dibutuhkan? Jelas, setelah tujuan, waktu, logistic, dan sarana transportasi ditentukan, biaya menjadi hal wajib yang mau tidak mau harus disiapkan. Besar kecilnya tergantung dengan keenam aspek di atas. Namun ada beberapa pilihan yang mungkin bisa menekan jumlah biaya yang harus kita keluarkan. Namun pada akhirnya, biaya yang kita keluarkan tak sebanding dengan kesenangan yang akan kita dapatkan.

Bagaimana tips MERENCANAKAN SEBUAH PERJALANAN ini? Semoga tips ini bisa membantu kawan-kawan yang baru mulai suka travelling atau jalan-jalan. Yang terpenting, sebelum melakukan suatu perjalanan, kemanapun itu, sebaiknya kumpulkan informasi dulu tentang destinasi yang akan kita tuju. Mulai dari aksesnya, waktu kunjungan terbaiknya, akomodasi di lokasi, besarnya biaya, sampai peralatan yang mungkin diperlukan selama di lokasi. Setelah itu, merencanakan perjalanan kalian dengan baik, karena perencanaan yang baik bisa membuat perjalanan berjalan lancar sesuai harapan. Meskipun kadang yang tak direncanakan pun bisa berjalan menyenangkan. Namun sebaik-baiknya suatu RENCANA, jika tak segera direalisasikan, hanya akan menjadi sebuah WACANA.

Jadi, Kapan Kita Kemana?

loading...

About afvendiant

Check Also

Kompor Kaleng. Sumber: http://health.liputan6.com/read/2343610/yuk-bikin-sendiri-kompor-kaleng-bekas-minuman

Kompor kaleng, solusi untuk kompor sederhana

Bagi yang suka naik gunung, pasti tidak akan jauh-jauh dari yang namanya kompor. Ya, kompor …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.00129