Sabtu , April 29 2017
Home / Berita / Gunung Kerinci berada dalam kondisi waspada

Gunung Kerinci berada dalam kondisi waspada

gunung kerinci mengeluarkan abu vulkanis

Sebuah gempa berkekuatan 6,5 SR terjadi di barat daya Pesisir Selatan pada Kamis (2/6). Pasca gempa ini, aktivitas Gunung Kerinci di Jambi meningkat dibandingkan sebelumnya.

Gempa itu dirasakan guncangannya sampai ke Jambi, Riau, dan Singapura. Tak lama kemudian, sejak Jumat (3/6), Gunung Kerinci mengeluarkan asap kelabu yang tingginya mencapai 400-500 meter dan tekanan kuat condong ke arah timur dan barat.

Dikutip dari CNN Indonesia, Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, berdasarkan pengamatan di pos pengamatan Gunung Kerinci Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), gempa tremor terjadi terus menerus dengan amplitude 0,5 – 2 mm, dominan 1 mm.

Baca Juga: Puncak Tertinggi Indonesia, Seven Summits of Indonesia

Amplitudo tersebut tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan letusan Gunung Bromo atau Gunung Raung yang mencapai sekitar 30 mm. “Artinya letusan yang terjadi tidak terlalu besar dan mengkhawatirkan,” katanya dalam keterangan resmi, sabtu (4/6).

Sedangkan detikcom menyatakan bahwa dengan kondisi ini, BNPB menyimpulkan bahwa Gunung Kerinci tengah berada dalam kondisi waspada. “Sehingga masyarakat sekitar hingga wisatawan di sekitar gunung tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 kilometer dari kawah aktif,” ujarnya Sutopo Purwo Nugroho.

Gunung Kerinci merupakan salah satu seven summit Indonesia, semoga gunung Kerinci kembali tenang dan aktivitas pendakian untuk menikmati keindahan gunung Kerinci kembali berlanjut.

loading...

About kosongduadua

Suka naik-naik ke puncak gunung. Tinggi tinggi sekali. Masih penjelajah pemula. Jangan dibully. Drop anything to kosongduadua@pmtgadventure.com

Check Also

Puncak Semeru

Pendakian Semeru Dibuka: Mulai Mendaki Gunung Semeru Hari Ini

Sekarang sudah lewat dari tanggal 1 Mei 2016. Jalur pendakian semeru dibuka kemarin pada tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.0047