Kamis , Oktober 5 2017
Home / Rekomendasi / EMERGENCY BLANKET : Keselamatan di Dalam Saku

EMERGENCY BLANKET : Keselamatan di Dalam Saku

Emergency Blanket Thermal Bivvy Selimut Darurat

Emergency Blanket atau Selimut Darurat adalah salah satu Survival Kit (Peralatan Bertahan Hidup) / Emergency Kit (Peralatan untuk kondisi darurat)  yang ‘harus’ ada dalam kotak atau kantong P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) saat bertualang. terutama bertualang ke ketinggian. Emergency Blanket berfungsi untuk mengembalikan suhu tubuh yang drop (karena hipotermia) kembali naik ke suhu normal tubuh manusia.

Emergency Blanket berupa lembaran Alumunium Foil dengan ukuran yang beragam mulai 100 x 150 cm. Dalam packingan terlipat hanya berukuran sekitar 5 x 10 x 1 cm. Cara penggunaannya sangatlah mudah. Buka lipatan Emergency Blanket sehingga membentuk lembaran, kemudian selimutkan (bungkuskan) ke tubuh penderita hipotermia. Semakin rapat semakin baik. Tunggu beberapa waktu, jika perlu dekatkan tubuh penderita ke sumber panas seperti api unggun (bisa diganti dengan kompor yang dinyalakan) sampai tubuh penderita kembali normal.

Emergency Blanket (Selimut Darurat)
Emergency Blanket / Selimut Darurat (source First Aid and Safety Online)

Prinsip kerja Emergency Blanket yaitu dengan memanfaatkan sifat Alumunium Foil yang memantulkan suhu. Alumunium Foil yang telah dibungkuskan ke tubuh akan menjadi sekat antara tubuh dengan lingkungan. Alumunium Foil akan menahan suhu tubuh agar tidak ‘keluar’, dan menahan suhu dingin dari lingkungan agar tidak ‘masuk’ ke dalam tubuh penderita.

Dengan ukurannya  yang kecil, Emergency Blanket bisa dimasukkan ke dalam saku. Ringkas, ringan, dan bisa menjadi kunci keselamatan dalam kondisi darurat. Karena kita tidak tahu kondisi di alam. Kadang iklim dan cuaca mikro di suatu tempat bisa berubah dengan cepat tidak sesuai perkiraan. tiba-tiba kabut, gerimis, hujan lokal, badai, suhu lingkungan turun drastis, dan lain sebagainya. Jadi, jangan lupa untuk selalu membawa ‘selimut darurat’ ini dalam saku teman-teman saat bertualang ke ketinggian. Karena persiapan kita kadang masih belum cukup untuk menghadapi ‘kejutan’ di alam liar.

Jadi, sudah adakah Emergency Blanket di kantong P3K teman-teman? jika belum, jangan malas untuk membelinya ya. Karena untuk mendapatkannya sekarang sangat mudah. Selimut Darurat ini banyak di jual di toko-toko outdoor, Jika tidak ada waktu, bisa juga dibeli secara online. Banyak. Dan harganya pun terjangkau. ^_^

Link salah satu Toko Online yang menjual Emergency Blanket     =>     >>Beli Emergency Blanket<<

Selamat Bertualang. Utamakan Keselamatan dan Kenyamanan.

loading...

About afvendiant

Check Also

ilustrasi hujan

Perbedaan Water Resistant dan Waterproof

Perbedaan Water Resistant dan WaterProof? Sebelum menuju ke arah tersebut, sebenarnya apa hubungannya hal tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.00301