Minggu , Oktober 22 2017
Home / Destinasi / IPUKAN : Tempat Camping Asik di Kaki Ciremai

IPUKAN : Tempat Camping Asik di Kaki Ciremai

Camping di Buper Ipukan Kuningan by Meru Outdoor Cirebon

Pernah Ke Ipukan?

Ipukan adalah nama salah satu bumi perkemahan (Camping Ground) yang berada di Cigugur, Kuningan. Letaknya di dekat Basecamp Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan. Jaraknya sekitar 2 jam naik motor dari Kota Cirebon, Jawa Barat. Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan hampir selalu penuh dengan tenda pengunjung jika akhir pekan tiba. Ipukan sangat asik untuk Camping dan  hammocking. Selain itu, untuk sekedar bertamasya di hari minggu bersama keluarga pun Ipukan merupakan pilihan tepat. Untuk Sekali masuk di area Bumi Perkemahan Ipukan, pengunjung dikenakan tarif masuk Rp15.000.

Suasana Area Camp Buper Ipukan (Foto oleh : Meru Outdoor Cirebon)

Di Buper Ipukan, kita bisa menikmati Lampu kota Kuningan di malam hari. Sunrise di pagi hari. Serta view indah Puncak Ciremai di pagi atau siang hari jika cerah tak berkabut. Selain itu, ada juga 3 Curug (Air Terjun) yang cukup bagus untuk melengkapi keseruan acara kemping di Ipukan. Lokasi Air Terjun tak jauh dari area parkir. Ada beberapa gazebo yang disediakan untuk para pengunjung menikmati suasana dan pemandangan alam serta udara segar Kaki Gunung Tertinggi Jawa Barat ini.

Tempat Selfie di Ipukan dengan background Hutan dan Gunung Ciremai

Dari segi fasilitas, semakin hari Ipukan semakin menawarkan kelengkapan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Toilet dengan air berlimpah. Warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Toko souvenir. Mushola. Wisata Panahan (Archery). Bahkan kini ada Paket Camping Eksklusif yang disediakan oleh pengelola. Jadi untuk ‘petualang’ yang nggak mau repot membawa tenda, matras, selimut, lampu penerangan, dan tetek-bengek lainnya, dengan merogoh kocek sedikit lebih dalam, pengunjung bisa menikmati tidur di alam bebas dengan fasilitas ala-ala resort atau cottage yang cukup nyaman. Ruangan berupa tenda dengan kasur, bantal, selimut, api unggun, dan lampu penerangan siap memanjakan pengunjung yang ingin menikmati malam di Ipukan dengan hangat dan nyaman.

Jadi, mau kemana akhir pekan ini? Jika belum ada tujuan, Bumi Perkemahan Ipukan bisa menjadi pilihan.

Buper Ipukan : Suasana Area Camp (Foto oleh : Meru Outdoor Cirebon)

SARAN & TAMBAHAN INFO :

  • Jika ingin camping di Buper Ipukan, usahakan siang atau sore sudah sampai di lokasi. Karena jika sampai di sana setelah maghrib, agak susah mencari tempat PEWE untuk mendirikan tenda atau memasang hammock.
  • Warung kadang tidak buka sampai malam hari (terutama jika hari biasa/bukan weekend). Jadi jangan lupa lengkapi perbekalan (makanan dan minuman) dari kota atau dari warung di sekitar Basecamp Pendakian.
  • Untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya yang mau camping ke ipukan, bisa melengkapi peralatan campingnya dengan menyewa ataupun membeli di MERU OUTDOOR CIREBON. yang beralamat di Jl. Perjuangan Majasem, Kota Cirebon. WA 0877-0555-6952. 😀
loading...

About afvendiant

Check Also

Andong 210713 by Afvendiant

Gunung Andong

Membuka-buka album digital tentang beberapa kali pendakian ke Gunung Andong, membuat saya bersyukur sekaligus miris. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.00301