Sabtu , Oktober 22 2016
Home / Review / Puncak Tertinggi Indonesia, Seven Summits of Indonesia
(Sumber:http://www.the7summitsindonesia.com/wp-content/uploads/2014/02/carstenzs.jpg)
(Sumber:http://www.the7summitsindonesia.com/wp-content/uploads/2014/02/carstenzs.jpg)

Puncak Tertinggi Indonesia, Seven Summits of Indonesia

Konsep ini digagas oleh Hendri Agustin, seorang pendaki gunung dan penggiat alam terbuka di Indonesia. Konsep tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau/ kepulauan besar di Indonesia ini pertama kali dikenalkan di komunitas-komunitas penggiat alam dan pendaki gunung Indonesia di beberapa media sosialpada 21 November 2008. Munculnya angka 7 (tujuh) juga terinspirasi dengan konsep “World Seven Summits”.

Puncak Tertinggi - Konsep Seven Summit of Indonesia
Konsep Seven Summits of Indonesia ( 7 Pulau/ Kepulauan Besar Indonesia) (Sumber:http://www.the7summitsindonesia.com/wp-content/uploads/2014/03/konsep.jpg)

Ketujuh pulau/ kepulauan besar tersebut adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawes, Papua, Kepulauan Maluku, dan Kepulauan Sunda Kecil. Adapun Ketujuh Puncak tertinggi dari masing-masing Pulau/Kepulauan tersebut yaitu Gunung Kerinci, Semeru, Rinjani, Bukit Raya, Latimojong, Binaiya, dan Carztensz Piramid.

Gunung Bukit Raya

Puncak gunung tertinggi di Kalimantan sebenarnya adalah gunung Kinabalu namun gunung tersebut berada di wilayah Malaysia. Sedang puncak tertinggi dalam “The Seven Summits of Indonesia” dari kalimantan adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 mdpl. Gunung tidak berapi yang merupakan bagian dari Muller Schwaner ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah pada koordinat 00º 24′ LS dan 112º 07′ BT.

Gunung Binaiya

Puncak gunung tertinggi di kepulauan Maluku adalah puncak Gunung Binaiya dengan ketinggian 3.027 mdpl.Gunung tidak berapi ini terletak di pulau Seram dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Tepatnya pada koordinat 3° 10′ LS dan 129° 28′ BT.

Gunung Latimojong

Puncak gunung tertinggi di pulau Sulawesi dipegang oleh gunung Latimojong dengan puncak tertingginya bernama Rante Mario memiliki ketinggian 3.478 mdpl. Pegunungan Latimojong yang merupakan gunung tidak berapi ini berada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pada koordinat 3° 22′ 54″ LS 120° 1′ 43″ BT.

Gunung Semeru

Puncak tertinggi di pulau Jawa adalah Puncak Mahameru yang merupakan puncak dari Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur di antara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8° 6′ 28″ LS, 112° 55′ 12″ BT.

 

Gunung Rinjani

Puncak tertinggi di Nusa Tenggara adalah Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini termasuk gunung berapi yang berada di pulau Lombok propinsi Nusa Tenggara Barat pada koordinat 8° 25′ LS 116° 28′ BT.

 

Gunung Rinjani - Puncak tertinggi indonesia
(Foto : Panji Sekarmaji-PMTG adventure)

Gunung Kerinci

Puncak Gunung tertinggi di pulau Sumatera adalah Puncak Indrapura di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.800 mdpl. Gunung berapi ini Berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi pada lintang 10°45,50′ LS dan 1010°160′ BT.

Gunung Cartenz Pyramid

Puncak gunung tertinggi di pulau Papua adalah Cartenzs Pyramid dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Carstenz yang biasa disebut juga Puncak Jaya merupakan bagian dari Pegunungan Maoke (Barisan Sudirman) yang terdapat di provinsi Papua. Letaknya berada di kordinat 04º 03′ 48″ LS 137º 11′ 09″ BT, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan juga masuk kedalam salah satu Seven Summit di tujuh benua dunia versi Reinhold Messner.

Konsep Seven Summit of Indonesia memiliki Logo yang pas dan keren (menurut saya). logo diatas memiliki 4 warna yang memiliki artinya masing-masing yaitu:

Puncak Tertinggi - logo Seven SUmmits of Indonesia
Logo ‘Seven Summits of Indonesia” (Sumber:http://www.the7summitsindonesia.com/wp-content/uploads/2014/02/logo.jpg)
  • Warna hijau melambangkan hamparan hutan yang subur yang merupakan bagian dari ketujuh Gunung tersebut.
  • Warna hitam melambangkan gunung tidak aktif yaitu Gunung Bukit Raya (Kalimantan), Gunung Latimojong (Sulawesi), dan Gunung Binaiya (Maluku).
  • Warna merah melambangkan gunung aktif yaitu Gunung Kerinci (Sumatera), Gunung Rinjani (Nusa Tenggara), dan Gunung Semeru (Jawa).
  • Warna abu-abu melambangkan Gunung Karang yaitu Gunung Cartenz Pyramid (Papua).

Sampai hari ini, baru 3 orang yang tercatat telah menyelesaikan 7 puncak tertinggi Indonesia tersebut. Yaitu Dody Johanjaya, Agam Napitupulu, dan Ericks Rahmat Swedia. Untuk keterangan lebih lengkap tentang Seven Summits of Indonesia, bisa mengunjungi web resminya : http://www.the7summitsindonesia.com/

 

Jadi, apakah kalian tertarik untuk menjadi orang keempat yang menggapai 7 puncak tertinggi Indonesia? 😀

loading...

About afvendiant

Check Also

sedia pop corn untuk menonton film pendakian

Daftar Film Pendakian Gunung

Bagi anda pecinta film, tentu saja akhir pekan biasanya dihabiskan untuk menonton film. Bagi anda …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

this is a cache: 0.0022